Jumat, 24 Juni 2011

Leave IE Internet Explorer 6


Copas dr forum Himpunan mahasiswa Teknik Elektro

Semoga postingan kali ini belum basi banget, karena sebenarnya wacana negatif tentang browser IE6 sudah sering kita dengar, khususnya di kalangan para pekerja IT dan praktisi Web (desainer, programmer, developer) tetapi faktanya, tingkat pemakaian browser IE6 di masyarakat umum masih cukup tinggi: IE6 (14.9%), IE7 (18.7%), IE8 (7.1%), Firefox (47.3%), Chrome (6.0%), Safari (3.1%), Opera (2.1%).

Mungkin wacana negatif IE6 masih kurang terdengar di masyarakat, atau mungkin sebenarnya mereka tahu tapi kesulitan / malas upgrade, karena IE6 adalah browser default (bawaan) Microsoft Windows XP, sebuah operasi sistem yang sangat umum digunakan di seluruh dunia, Akhirnya mereka menggunakan browser IE6 karena terpaksa.

Sudah banyak gerakan anti IE6 yang mengkampanyekan masyarakat untuk mengupgrade IE6 atau menggunakan Browser lain, Contohnya: Stop dukungan ie6!, Binasakan Internet Explorer 6, Say No to Internet Explorer 6!, IE6-DO NOT WANT!, Help kill Internet Explorer 6, Bring Down IE6, dll. Tapi pihak Microsoft masih tetap mempertahankan eksistensi IE6, karena itu banyak web designer yang memilih berdamai dengan membuat berbagai macam script / trick / hack supaya websitenya juga terlihat bagus di IE6.

Beberapa alasan mengapa kita harus meninggalkan IE 6:

  1. Banyak bugs, IE6 tidak mengikuti standart XHTML/CSS. Cara membaca XHTML/CSS di IE6 agak berbeda dengan browser lainnya, seringkali tampilan web yang sudah bagus di beberapa browser tetapi terlihat kacau di IE6, bug-bug ini kalau di list bisa 100-an (seratusan) lebih (ini alasan utama mengapa praktisi website gerah dengan IE6)
  2. Tidak aman, ada celah / lubang di IE6 yang sangat rawan dibobol hacker, spyware, dilewati virus, malware, trojan dan sejenisnya. IE7 dan Firefox bisa melawan celah masing2 tapi IE6 tidak.
  3. Tidak bisa membuka banyak halaman website dalam satu jendela (tabbed browsing) ini sangat tidak efektif karena semakin banyak membuka halaman web semakin banyak pula browser IE6 yang harus dibuka. coba bandingkan dengan semua browser yang ada sekarang.
  4. Tidak support image *.PNG transparant, meskipun ada banyak hack / script untuk mengatasi hal ini, namun kurang efektif dan kadang memunculkan masalah baru dalam styling CSS
  5. Selisih perhitungan padding dan margin (CSS/XHTML) berbeda jauh dengan browser lainnya, terutama padding, hal ini sangat menggangu dalam styling float div, biasanya saya jarang menggunakan padding agar div layout tidak terlalu kacau di IE6
  6. Kurang support RSS feed dengan baik, di era web 2.0 ini merupakan suatu kewajiban sebuah browser untuk bisa mensupport RSS feed dengan baik
  7. Tidak mendukung Addons / plugin (aplikasi tambahan) aksesoris untuk menambah fungsi browser, sangat jauh berbeda dengan Mozilla Firefox yang kaya add ons
  8. Fasilitas print kurang fleksibel, jika Anda ingin mencetak (print) sebuah halaman website sebaiknya jangan gunakan IE6
  9. Tidak bisa zooming untuk teks dan gambar secara bersamaan (mungkin hanya bisa zooming text saja)
  10. menyia-nyiakan waktu pembuatan/pembangunan website, seringkali dalam proses pengerjaan website banyak waktu yang dihabiskan untuk mencari hack / script code supaya web bagus di IE6, hal ini membuat project lebih lama selesai.
  11. IE6 adalah browser “last generation” yang sudah mulai ditinggalkan oleh web-web masa kini, sudah banyak website yang membiarkan halaman-nya terlihat tidak bagus di IE6.
  12. Banyak pula yang membuat script khusus ketika halaman nya dibuka dengan IE6 akan muncul pesan error dan menganjurkan pengunjung untuk mengupgrade / menginstal browser lainnya.
  13. Web masa kini rata-rata tidak lebih bagus jika dibuka dengan IE6, coba bandingkan membuka web yang sama dengan Firefox atau Safari

Tidak ada komentar: