Minggu, 12 Juni 2011

Tower ITTelkom


Tower ITTelkom (Institut Teknologi Telkom)

ITTelkom merupakan kampus yang terletak di bandung selatan jawa barat. Sebagai kampus yang dibawah naungan PT. Telkom, kampus ini banyak menggunakan bekas2 lokasi PT.Telkom. Sebagai adanya tower2 peninggalan PT.Telkom zaman dahulu yang digunakan untuk komunikasi link radio jarak jauh (Line of Sight). Tinggi tower ini diperkirakan adalah 170 m.



History of tower ITTelkom:
Selain itu bukti2 sejarah yang ada, banyak sumber mengatakan bahwa tower2 ini digunakan untuk komunikasi jarak jauh (Jaringan back haul comunication) di indonesia. Selain berfungsi untuk komunikasi tower ini juga digunakan sebagai pengawas pergerakan pejuang kemerdekaan di zaman kemerdekaan. Beberap diantaranya juga untuk mengawasi pesawat dan pergerakan penjajah (kumpeni) yang akan menyerang kota bandung. Mengingat zaman dahulu bandung utara dikuasai penjajah dan bandung selatan sampai ciwidey dikuasai pejuang kemerdekaan, maka tower ini sangat membantu pengawasan penjajah.
Setelah itu pada tahun 70an-sekarang banyak tower2 yang dirubuhkan mengingat mengganggu keaamanan wargat. Maka bila sekarang anda berkeliling ke sekitar bandung selatan akan banyak dijumpai bekas2nya. Namun untuk tower ITTelkom, tidak dirubuhkan mengingat biaya perubuhan tower ini lebih besar dari keuntungannya maka beralih fungsilah tower2 ini menjadi icon kampus ITTelkom.


170m lebih tinggi dari lab yang ada, sebagai perbandingan bangunan bertingkat tiga tingginya sekitar 15 m an..


Mitos dari tower ITTelkom:

Ada beberapa mitos yang berkembang, percaya boleh g percaya jg gpp. Karena mungkin aja benar, tapi jgn sampai takut r mengagung2kan ntar munsyrik... ihh tobat.

Mitos yang pertama angkatan tahun 80-90an mahasiswa ITTelkom sering panjat2 nih tower... (percaya??? meragukan )

Mitos yang kedua klo tower yang dicat cuman bagian bawah doang sekitar 20m an ... (Percaya?? bgt... percaya orang saksi hidup rasanya g pernah liat orang ngecat tower ampe puncak)

Mitos yang ke-3 (suicide)
Ceritanya gini, dulu tuh katanya tahun 90an-2000 awal sering terjadi korban bunuh diri. Diceritakan bahwa korban bunuh diri ini rata2 mereka putus asmara. Sehingga mereka yang putus cinta memutuskan mengakhiri nyawanya. Mungkin merasa one less only girl., one less only man in de world.
Menururt beberapa sunmber pernah terjadi anak bunuh diri dari SMA sebelah, kejadiannya malam hari so satpam dll juga g tahu. Besok paginya sudah ada beberapa orang datang sambil bawa2 kardus gede, ternyata mereka adalah anggota keeluarganyayang sedang mengambil jenazah korban.
berita nyatanya, ya simpang siur sih tapi emang pernah keadian. Yang pasti, g perlu takut n g boleh dicontoh ya... dosa.. beut





Karena tempatnya lapang jadi cocok untuk camping/ buat tenda.. upgrading dan main bola. dari sini juga bisa dibuat lihat sunrise dll.




Ini nih pengalaman kita waktu naik tower ITTelkom tahun 2011 bulan juni kemarin. Untuk naik tower bukan hanya sekedar naik tapi juga mesti nyiapin fisik, mental dll. Selain itu perlu disiapkan seat belt dll.
Peralatan yang dibutuhkan:
1. seat belt
2. pake sepatu
3. Jaket dan celana jeans biar g gampang robek
4. berlatih dulu dan jangan dipaksakan bila memang belum siap
5. Sebaiknya dalam bentuk team biar bisa saling membantu

Kondisi tower:
Bahan baja dan cukup kuat
ada 3 step landai pertama, menjulang dan puncak
pijakan terdiri dari besi kecil memanjang dua buah
ada beberapa bagian tower yang agak goyang

tips bagi yang fobia ketinggian dan pertama kali mendaki, usahakan jangan lihat kebawah tatap ke atas dan posisikan tangan dan kaki secara pas pada pijakan naik tower. Gunakan set bealt/ gantungkan ke tower ketika istirahat




Dari atas dapat dilihat lokasi daerah dayuh kolot, sukabirus, dan bojong soang serta rektorat ITTelkom

bila ragu jangan naik, pastikan dulu anda siap jiwa dan raga n banyak2 istigfar serem euy tinggi beut.. alhamd udah nyobak sekali dan tobat dah g mau lagi.. cos pas sampai atas getarannya tinggi bgt

Tidak ada komentar: