Kamis, 29 Maret 2012

Masjid Syamsul Ulum Islamic Center di Bandung Selatan

Hari ini saya sedang membersihkan berbagai berkas-berkas yang ada. Sambil memantau harga kenaikan BBM dan TDL saya menemukan berkas-berkas mengenai kegiatan tempat dimana saya biasa bernaung, berorganisasi dan beribadah. Ya masjid lah tempatnya, Masjid Syamsul Ulum

Masjid Syamsul Ulum sebagai sebuah lembagai mengakomodasi semua kegiatan pemuda dan pemudi muslim di kawsan pendidikan telkom merupakan wadah yang sngat utama untuk syiar dakwah ke masyarakat luas. Oleh karena itu kami selaku pihak syiar dan dakwah DKMSU untuk kegiatan syiar dan dakwah dengan rincian sebagai berikut:

Innal hamdalillah nahmaduhu wanasta’inuwanastaghfiruh amma ba’du Alhamdulillaahirabbil’aalamiin, rasa syukur kepada Sang Penciptajangan pernah terlupakan. Sebab tidakada satu pun yang terjadi kecuali atas izin dari-Nya semata. Shalawat dan juga salamharus selalu tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.
Dakwahmerupakan seruan yang telah Allah perintahkan kepada rasulullah s.a. danumatnya untuk membumikan risalah islam kepada seluruh umat. Dakwah sendirimerupakan proses pencerdasan dimana terjadi transfer ilmu untuk memberikanpengarahan kepada umat mana yang baik (ma’ruf)dan mana yang (munkar. Oleh karenaitu dakwah menjadikeharusan bagi seluruh umat muslim yang telah baligh danmukallaf terutama dalam naungan jamaah masjid.
Kamu umat islam adalah umat terbaik yangdilahirkan untuk manusia , (karena) kamu menyuruh berbuat yang makruf danmencegah yang munkar dan beriman kepada kitab Allah. Sekiranya Ahli kitabberiman tentulah itu lebih baik bagi mereka. Diantara mereka ada orang yangberiman dan kebanyakan dari mereka adalah orang-orang fasik.” (Q.S. AliImran : 101)

I. Rincian Kegiatan
A. Kajian Senin
DefinisiKegiatan
Kajian Senin adalah kajian yangdiselenggarakan oleh team syiar Masjid Syamsul Ulum untuk menyemarakkan dakwahdi sekitar kawasan pendidikan Telkom. Selain itu kajian ini berfungsi untukmendekatkan masyarakat, LDK, Mahasiswa dan semua akademisi di ITTelkom dansekitarnya.
Rincian
ü Waktu : 16.00-17.30
ü Pembicara :Ustadz Heri
ü Mater : Tafsir Al-Quran
ü Peserta : Umum Ikhwan dan Akhwat (Warga,Mahasiswa dan civitas ITTelkom)
Target dan Evaluasi Program:
Mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dancivitas akademik ITTelkom akan pentingnya mempelajari dan mengimplementsaikanAl-Quran dalam kehiupan sehari-hari.


D. Kajian Jumat Pagi
Definisi Kegiatan
Kajian jumat pagi adalah kajian yang diselenggarakan oleh team syiar Masjid Syamsul Ulum bekerja sama dengan SKI untuk menyemarakkan dakwah di kawasan pendidikan Telkom. Selain itu kajian ini berfungsi untuk mendekatkan LDK, Mahasiswa dan semua akademisi di ITTelkom dan sekitarnya dalam satu gerakan dakwah.
Rincian
ü Waktu : 06.00-07.00
ü Pembicara : Ustadz
ü Materi : pemuda
ü Peserta : Umum Ikhwan dan Akhwat (Mahasiswa dan civitas ITTelkom)
Target dan Evaluasi Program:
Mampu meningkatkan kesadaran civitas akademik ITTelkom dan LDK akan pentingnya islam, dakwah dan menjaga silaturahmi sebagai pemuda/ pemudi muslim.


B. Kajian Kamis
Definisi Kegiatan
Kajian Senin adalah kajian yang diselenggarakan oleh team syiar Masjid Syamsul Ulum untuk menyemarakkan dakwah di sekitar kawasan pendidikan Telkom. Selain itu kajian ini berfungsi untuk mendekatkan masyarakat, LDK, Mahasiswa dan semua akademisi di ITTelkom dan sekitarnya.
Rincian
ü Waktu : 16.00-17.30
ü Pembicara : Ustadz Heri Mustofa
ü Mater : Tafsir Al-Qur’an Juz 30
ü Peserta : Umum Ikhwan dan Akhwat (Warga, Mahasiswa dan civitas ITTelkom)
Target dan Evaluasi Program:
Mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan civitas akademik ITTelkom akan pentingnya mempelajari dan mengimplementsaikan Al-Quran dalam kehiupan sehari-hari terutama pemahaman mengenai surat2 juz 30 .

C. Kajian Kamis Malam
Definisi Kegiatan
Kajian Senin adalah kajian yang diselenggarakan oleh team syiar Masjid Syamsul Ulum untuk menyemarakkan dakwah di sekitar kawasan pendidikan Telkom. Selain itu kajian ini berfungsi untuk mendekatkan masyarakat, LDK, Mahasiswa dan semua akademisi di ITTelkom dan sekitarnya.
Rincian
ü Waktu : 18.00-20.00
ü Pembicara : Ustadz Abu Marwan
ü Materi : Islam dan Tauhid
ü Peserta : Umum Ikhwan dan Akhwat (Warga, Mahasiswa dan civitas ITTelkom)
Target dan Evaluasi Program:
Mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dan civitas akademik ITTelkom akan pentingnya mempelajari dan mendalami tauhid, aqidah sebagai landasaan umat muslim serta Al-Quran dan Assunnah dalam kehiupan sehari-hari.


.


E. Kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran
Definisi Kegiatan
Kajian Taman Pendidikan AlQuran adalah kajian yang diselenggarakan oleh team syiar Masjid Syamsul Ulum bekerjasama dengan warga untuk menyemarakkan dakwah serta memberikan bimbingan pada generasi muda, anak2 dan remaja di sekitar ITTelkom. Selain itu program TPA ini berfungsi untuk mendekatkan masyarakat, LDK, Mahasiswa dan semua akademisi di ITTelkom dan sekitarnya.
Rincian

ü Waktu : 16.00-17.30
ü Ustadz/Ustadzah : Warga dan Mahasiswa
ü Materi : Iqra’-- Al-Quran
ü Peserta : Umum Ikhwan dan Akhwat (Putra-putri warga disekitar kawasan pendidikan ITTelkom)
Target dan Evaluasi Program:
Mampu membentuk generasi muda muslim yang islami dan berakhlak sesuai Al-Quran dan Assunah dalam kehiupan sehari-hari



Masjid syamsul Ulum memiliki beberapa fungsi yang lumayan urgent di kawasan lingkungan ITTelkom. Yaitu meliputi :

1. Sebagai tempat penghubung kampus dengan masyarakat sekitar
2. Pusat dakwah islam di kawasan Daeyuh Kolot
3. Sebagai pusat pengembangan pemuda muslim
4. Berbagai kegiatan event Islam dll


Ada beberapa lembaga yang bernaung di bawah naungan Masjid Syamsul Ulum selain organisasi2 islam lainnya. Diantaranya meliputi:

SKI Sentra Kegiatan Islam ITTelkom
Sebagai wadah mahasiswa muslim yang bergerak dibidang organisasi, dakwah dan kemahasiswaan dll

Lazis S.U. (Lembaga Amil Zakat Infak Sadaqah)
Lembaga keagamaan yang banyak bergerak di bidang chairity atau kemanusiaan untuk memberikan kesejahteraan masyarakat di sekitar ITTelkom

BM (Badan Mentoring)
Sebagai lembaga yang memberikan pembinaan rutin terhadap mahasiswa ITTelkom

MQ S.U. (Manajemen Quran Syamsul Ulum)
Lembaga yang berisi untuk kegiatan tahfidz Al-Quran, Pemahaman Tafsir, Bahasa Arab dll

TPA Mentari ILmu
Sebagai lembaga pendidikan anak2 SD, SMP untuk pembinaan Al-Quran, ilmu agama dan masalah anak2 dan remaja.

PRISMA
Organisasi yang berfungsi menaungi kegiatan yang menghubungkan remaja SMA di sekitar wilayah ITTelkom


Toko Al-Amin
Sebagai lembaga usaha yang bergerak dibawah naungan masjid Syamsul Ulum dengan bidang usaha seperti foto kopi, kantin dan kedai.



Yang atas foto saya, heheheh dokumentasi diri dengan jaket Lazis S.U.

Ini lah beberapa foto petinggi dari pimpinan Masjid Syamsul Ulum dengan beberapa dosen ITT (Pak catur, pak BPY, Pak erwin dll) bersama orang YPT pak heri gt ya???? ini sedang silaturrahmi n pelepasan petinggi Masjid Syamsul Ulum di rumah makan Ampera deket Pusdai

Disini beberapa mahasiswa dari berbagai LDK tampak ikut turut serta menyemarakkan kegiatan temu kangen dan pelepasan petinggi Masjid Syamsul Ulum.
Tampak Pak heri sedang speak2 memberi pengarahan


Ini lah foto Plaza MSU dari serambi timur, tempat anak2 main dan berbagai kegiatan lainnya

Tidak ada komentar: