Kamis, 24 Maret 2011

HRD and Job spefication

Pada bagian Job spesification tidak terlepas dari adanya job description. Job Description disini menyangkut segala penjabaran yang dibutuhkan agar suatu pekerjaan dapat berjalan secara efisien dan efektif.
Job Spesification bagi seorang HR berisi spesifikasi panduan untuk melakukan rekruitasi dan seleksi. Mengenai Job Spesifikasi R.J, Harvey memberikan panduan beberapa tindakan yang termasuk dalam job spesification:
1. Semua job dan pembagiannya harus di identifikasi dan diukur dalam sebuah aturan, salah satunya seperti technnik analyisis job.
2. Suatu golongan orang2 berpengalaman atau para ahli (expert) harus merinci keahlian2 yang dibutuhkan untuk melakukan job2 tertentu.
3. Setiap keahlian harus diukur atau dilihat tingkatannya
4. Karakteristik yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan harus teridentifikasi secara rinci. Salah satunya seperti Reqruitments secara langsung dan profesional sertifikat.
5. Tiap keahlian yang terspesifikasi harus terhubung dengan pekerjaan yang sesuai
Job Description of Human Resources Manager meliputi
1. bertanggung jawab untuk mengatur administrative kerja
2. Bertanggung jawab untuk merencanakan kegiatan administrasi HRM meliputi recruitement, examination, selection, promotion dll.
3. Membuat dan merencanakan aturan yang menyediakan aturab yang efektif dan seragam.
Contooh dari kualifikasi persyaratan HRM administrator
1. Mempunyai pengalaman yang menunjang dalam kinerja HRM administrator minimal 6 tahun
2. Lulusan perguruan tinggi S1 dengan diutamakan dari jurusan Human resourcess, business administrator atau industrial psychology
3. Mempunyai pengetahuan yang menunjang praktik HRM
4. Membawahi 3 bagian HRM professional, satu orang, dan sekertaris.
Kegiatan HR merefleksikan kebutuhan organisasi akan hal-hal berikut:
1. Memberitahukan mengenai job requirements dan spesifikasi job itu sendiri
2. Mengukur dan menjelaskan organisasi kerja kedalam aturan-aturan dan kompetensi umum
3. Mendesign dan mengimplementasikan staff yang fokus sesuai kompetensinya.
Bagi pegawai sendiri dikenal istilah pegawai dengan keahlian essensial dan non essensial.
Pegawai dengan essensial skill adalah: Pegawai yang memiliki methode lain untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang tidak mungkin. Pegawai sedangkan non essensial tidak. Dan cara mengakomodasi pegawai non essensial yaitu dengan merubah struktur atau methode pekerjaannya.
Strategic Job Analysis yaitu sebuhah strategy kerja yang diterapkan untuk dapat mewadahi sekarang dan yang akan datang. Beberapa perusahaan memberikan fleksibility tim kerja yang besar pada pegawainya seperti AT and T, Hewlet Packet dan Pfizer. Berbeda dari sistem fleksibilitas kerja yang ada traditional tim work memiliki metode kerja seperti Jadwal kerja yang menekan, telecommuting, Job sharing.

Tidak ada komentar: