Jumat, 12 Agustus 2016

Jayapura Potensi Strategis untuk Pariwista Indonesia timur


Jayapura adalah salah kota besar di Indonesia Timur, dengan berbagai keunikan dan kemajuannya. Jayapura kini mulai berbenah. Sebagai seseorang yang belum pernah menginjakkan kaki di jayapura tentu saya memiliki mimpi yang besar untuk kota ini agar menjadi pintu gerbang kemajuan pariwisata, Industri dan ekonomi di Indonesia Timur.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung ke jayapura. Baik itu bisnis, pelayaran, pengiriman barang, wisata dan pendidikan. Ada beberapa kota besar yang bisa diundang untuk membangun bisnis dan berbagai macam aspek di Jayapura. Beberapa diantaranya seperti terurai dari gambar di atas.

Investasi ini hendaknya menciptakan keterikatan yang kuat antara Jayapura dengan kota-kota besar di atas sehingga pembangunan dalam jangka panjang bisa terlaksana. Efek dari majunya kondisi Jayapura  akan membawa kepada kemajuan daerah-daerah terpencil di Papua dan pulau-pulau kecil lainnya.


1. Mimpi adanya Infrastructure Yang Bagus

Harapan saya sama dengan berbagai juta penduduk di papua terutama Jayapura agar adanyainfrastruktur jalan yang bagus di Papua (Jayapura). Jalan raya adalah nafas dan nadi kehidupan masyarakat di sana. Apabila jalan dan transportasi lancar maka ekonomi, pariwisata, pendidikan dan segala kegiatan kemasyarakatan akan berjalan lancar.

Hal yang saya harapkan tersebar secara bagus dan merata bukan hanya jalan yang bagus dan tertata namun ketersediaan listrik, gas, bbm dan air bersih serta transportasi. Rakyat papua berhak juga merasakan transportasi yang maju sama seperti di jakarta.


2. Jayapura Black Fashion Statement

Lihatlah bagaimana super model berkulit hitam seperti tyra banks artis upita nyong O dan will smith merajai hollywood. Saya mempunyai mimpi Jayapura bisa memiliki Fashion district seperti di jalan Riau Bandung.
Kenapa?? Agar rakyat papua Pede dan punya international taste yang bisa menjadi brand yang unik dan keren. Seperti di Manhattan, johanesburg atau New York dimana black community bisa diangkat menjadi suatu tema yang cool unik dan  keren.



3. Pusat Bisnis Perhiasan Internasional

Mimpi saya berikutnya adalah di Jayapura adanya pusat perhiasan dan mode internasional. Kenapa di Jayapura?? Jayapura penghasil bebatuan indah dan memiliki kreatifitas keunikan yang berbeda dari batu perhiasan yang lainnya.
Pusat perhiasan internasional ini juga akan menunjang fashion statement di Jayapura.  Adanya pusat bisnis perhiasan ini akan menjadi destinasi wisata selanjutnya. Kondisi ini seperti yang terjadi pada kota besar seperti Milan dimana orang datang untuk membeli berbagai brand terkemuka, ke martapura mencari berlian, atau berburu mutiara hitam di NTB



4. Dibangunnya Kawasan Industrial, Penelitan, Industri 

Berikut adalah Map dimana saya membuat sugestion dimana dibangun kawasan penelitian, industri, bisnis, pertanian dan ekonomi di area sekitar jayapura. Kenapa hal ini perlu dibangun??

Membandingkan dengan kota bandung, Jayapura bisa memiliki potensi yang sama. Bahkan memiliki potensi yang lebih dengan lokasi serta kekayaan alam nya yang ada.

House of Cendrawasih

Disini landmark pantai yang berupa home stay berbentuk kepala cendrawasih sehingga bisa menjadi potensial tourism object seperti di Santorini dan di sini menjadi tempat tinggal serta pusat wisata, busines dan ekonomi.

Center of University and Laboratory

Centre of University adalah laboratorium yang dibuat sebagai wakil dari berbagai universitas ternama di Jayapura. Laboratorium ini untuk mendatangkan akademisi dan para pendidik untuk mengembangkan sumber daya dan pendidikan di Jayapura.

International Harbour 

Pelauhan internasional disini berfungsi membuka pintu masukpara wisatawan. International harbour membuka pelabuhan untuk wisata baik itu  yacht, cruiser dan kapal-kapal traditional.
Sebagai perbandingannya international harbour ini bisa menjadi pelabuhan seperti di monaco venice dan beberpa lokasi wisata.

International Lake Resort

International lake resort merupakan danau yang di fasilitasi oleh  residential  hotel dan berbagai wahana sehingga bisa menyaingi kawasan wisata seperti di danau batur atau di danau toba. Selain itu disini bisa menjadi kawasan villa yang bagus untuk peristirahatan.


Forest Conservation

Forrest conservation ini diharapkan bisa menarik wisatawan international untuk melihat satwa endemik yang jarang ada di kawasan lain
Selain itu diharapkan bisa dibangun kanopi bridge seperti di langkawai sehingga bisa menarik banyak wisatawan.

International Sport and Fishery

Event2 internasional bisa diadakan disini. Baik untuk olahraga air dan peternakan ikan secara internasional.
Dengan adanya International sport and fishery bisa menjadi pengembang kawasan danau dan lingkungan sekitar


Jadi tunggu apa lagi., datang dan ayo kembangkan ide-ide kreatif kamu di Jayapura.
Jayapura the next dream of East Indonesia


Tidak ada komentar: