Kamis, 05 Juli 2012

Network Engineer


Definis Network Engineer

Secara bahasa network engineer adalah sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan segala aspek jaringan. Jaringan disini pada awalnya dikhususkan pada jaringan komputer/ IP. Namun dengan seiring konfergensi telekomunikasi berbasis IP, maka mencakup bagian dari jaringan telekomunikasi juga.


Job Desk Network Engineer
  1. Berhubungan dengan permintaan internetworking service untukjaringan telephone (switched/ mobile), jaringan IP pengembangan dari segi hardware dan software
  2. Berhubungan dengan design and management of computer networks
  3. Berhubungan dengan pengembangan topologi jaringan telekomunikasi baik secara fisik, security, routing dan protocolnya.
  4. Anilsa, trouble shooting berbagai permasalahan crash jaringan dalam skala minor dan major.
  5. Pengaturan cost effective dan efisiensi server serta konektivitas
  6. Manajemen scurity secara efektif baik itu dalam hal spam, virus, worms, bugs dan pengaturan bw serta kapasitas user.
  7. Pengaturan topologi dan instalasi serta bentuk jaringan private, share, vpn dll.

Keahlian yang dibutuhkan Network Engineer

Biasanya keahlian yang dibutuhkan network engineer ini dimulai dari pengetahuan IP dan layer OSI dasar hingga subnetting, routing dan pelabelan pada router dan switching. Ini seemua sudah terrangkum pada program dasar pelatihan standarisasi CISCO yaitu CCNA (Cisco Certificate Network Association). Pada CCNA materi yang mengarah ke aplikasi (applied aspect) dikumpulkan ke CCNA Discovery, sedangkan yang mengarah ke teknologi (technological aspect) termasuk pendalaman teori dan konsep dimasukkan ke kurikulum CCNA Exploration. Dengan kata lain, kurikulum positioning CCNA Discovery adalah untuk Fundamental Learning, sedangkan CCNA Exploration adalah Advanced Learning.

Sedangkan pada tahap lanjutan ada CCNP (Cisco Certificate Network Professional) yang berisi uraian tentang pelatihan jaringan tingkat lanjut. Materinya meliputi hal2 jaringan research yang terbaru namun untuk CCNP secara lapangan kurang begitu di gunakan dalam lapangan dan masih lebih dominan CCNA. Untuk yang lebih expert biasanya menggunakan CCNE

Spect Pekerjaan Sesuai dengan Network Engineer
Dalam penerapan kerjanya network engineer dapat disetarakan dengan network administrator, network analyst or network engineer namun dengan spect dan keahlian masing-masing.

untuk mempelajari lebih lanjut bisa dilihat link di bawah ini. biar ga dikira promosi/ marketing jualan cisco :)


Dan berikut link menegenai salary network engineer dll di kawasan asia pasifik

Tidak ada komentar: