Rabu, 11 Mei 2011

Pelaut Indonesia Diburu di dunia Internasional,..



Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Fadel Muhammad mengatakan, banyak negara berminat mencari pelaut asal Indonesia agar dapat bekerja di beragam industri kelautan dan perikanan di negara mereka.

"Kementerian Kelautan dan Perikanan membuat terobosan baru untuk bagaimana mengatur permintaan yang semakin banyak untuk tenaga kerja pelaut Indonesia," kata Fadel di Gedung KKP, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dalam kunjungannya ke berbagai negara di kawasan Eropa, ternyata sejumlah perwakilan dari negara itu mengemukakan bahwa mereka membutuhkan banyak tenaga kerja, diantaranya untuk mengisi posisi di kapal pesiar.

Fadel menuturkan, Eropa membutuhkan banyak tenaga pelaut antara lain karena pekerjaan tersebut sudah tidak banyak diminati lagi di benua itu.

Setelah mendengar hal itu, Fadel menyadari bahwa ternyata terdapat peluang yang bisa diambil sehingga KKP berupaya menciptakan terobosan dengan membuat program lintas kementerian antara lain dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Ia memaparkan, terobosan tersebut adalah penyelenggaraan International Job Fair on Marine and Fisheries yang akan digelar di Jakarta, tepatnya di Gedung SMESCO UKM, 23 - 25 Mei 2011.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan SDM KKP Syarief Widjaya memaparkan, kegiatan itu akan diikuti oleh 50 perusahaan berskala nasional dan internasional.(*)

M040/B012

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © 2011

Tidak ada komentar: