Rabu, 14 September 2016

Praktikum di Universitas Telkom


Sebagai alumni Institut Teknologi Telkom yang kini beralih nama menjadi Telkom University saya menemukan foto lama tentang praktikum di kampus tercinta.

Di kampus ini saya mengambil jurusan di Fakultas Elektro dan Komunikasi lebih tepatnya Elektro arus lemah dengan spesifikasi jurusan Teknik Telekomunikasi. Gak seperti Teknik Elektro pada umumnya, disini kami thanya mendapatkan sekilas materi Elektro arus kuat seperti Catu Daya, Rangkaian Listrik dan Elektronika. 
So apa saja sih praktikum yang kita dapatkan..?

Sebagai gambaran di Tahun I kita akan mendapatkan praktikum mata kuliah dasar seperti Fisika Dasar, Agama (Mentoring), Bahasa Inggris dan Pemrograman Dasar. Praktikumnya sih seru-seruan sebetulnya, cuman karena kita masih angkatan pertama masih pada sok-sokan ngerjain modul sendiri ga nyontek dan sok independent gitu. Masih sok-sokan idealis pingin kelihatan  paling perform sewaktu praktikum.
Tipikalnya praktikum di angkatan pertama ini lebih ribet karena mahasiswanya baru dan asistennya yang sok-sokan galak. Entah kenapa praktikum tahun ini tuh kesannya susah banget dan ribet. Praktikum di kampus tercinta ini dibagi menjadi 3 bagian, Mesti buat Tugas Pendahuluan atau TePe, tugas Praktikum dan Feed back yang diisi setelah praktikum terlaksana.

Tahun keII praktikum semakin menggila. Ada 8 mata kuliah yang dipraktikumkan, dan nilainya cuman 2 SKS WTF....!!! Udah gitu kalau ga ikut satu praktikum mesti ikut praktikum susulan atau nilai ground and ngulang tahun depan. Hell Yah ruarrrr biasa ribet and remfong nya praktikum di kampus ini. So tahun kedua mata kuliahnya ga jauh2 dari pengenalan dasar teori telekomunikasi seperti praktikum Rangkaian Listrik, Teknik Digital, Elektronika dan Microprocessor. 

Praktikumnya?? uhlalala ribet tak terkira. Seminggu kita ada jadwal praktikum dua kali selama satu semester. Terkadang ada responsi untuk ngerjain bahan praktikum. Just one word to say, Hidup langsung up and down, kaki di kepala dan kepala di kaki. Jidat sih masih nempel, normal lah hahahahh. Kuliah dan ngampus itu udah ibaratnya sambilan point utama itu praktikum. Jadwal main ikut UKM itu tak lebih dari jadwal sisa-sisa dari 24 jam yang ada. Ngerjainnya begimana? ya dengan seribu ninjutsu dan sharinggen nya naruto pun ga akan kelar praktikum di tahun ke dua ini.
Nyontek ?? Iyalah ga seidealis duluu. Kita mah apa atuh emang jin yang bangun candi...
Tapi tetep masih mikir n optimum dalam hal ngerjain tugas ples praktikum yang ada.

Tahun ke III. Praktikum dan kuliah uda menjadi priority, ciyusss??? iyah kita lebih demen jalan-jalan, bikin event, ngadain lomba & kepanitiaan. Kuliah dan praktikum?? itu sudah sampingan banget jadi kita lebih banyak copas n ngopy paste alll gawean temen hahahah. Praktikumnya apa aja?? Praktikum nya macem macem. Ada praktikum PSD yang lab ples asistan nya super duper horor ada praktikum Catu Daya, praktikum Siskom dll.




Ya beginilah kegiatan kita kalau lagi senggang. Ketawa-ketiwi nongkrong di kantin dan ngadem di perpus terus nyemil di ruang kuliah.

Ga kerasa udah 4 tahun lalu kita lulus dari kampus univ telkom. Dari almamater yang warnanya biru muda jadi almamater merah maroon. Dengan seragam khasnya biru tua dan putih.
Kangen banget pingin keteu dengan teman2 yang dulu., duduk bareng ngobrol bareng dan  ketawa bareng. Sekarang sudah punya rumah tangga dan kerjaan masing2. Ya mungkin waktunya saja yang tidak tepat toh yang bisa kita lakukan mendoakan penuh kebaikan untuk teman2 yang jauh disana.

Edisi kangen jaman kuliah

Tidak ada komentar: